Advertise

Senin, 04 Januari 2021

KEHIDUPAN ADALAH AMANAH

 

Tanggungan yang paling berat di dunia adalah amanah. Di dalam surah Al Ahzab ayat 72, dijelaskan bahwa sesungguhnya Allah menawarkan amanah kepada langit, bumi serta gunung-gunung. Namun, semua menolak karena mengetahui bahwa sebuah amanah adalah tanggungan yang berat. Namun, saat manusia menerima amanah, mereka justru menzalimi dan mengkhianatinya.
Tidak semua orang mampu menjalankan amanah dengan baik. Amanah merupakan tanggung jawab yang besar yang diberikan kepada orang lain terhadap dirinya sendiri. Bukan hanya orang lain saja, namun Allah SWT juga memberikan tanggungan terhadap manusia atas segala perintah-perintahnya. Karena amanah merupakan tanggung jawab, pesan, atau tindakan yang harus dilakukan dan dijaga dengan sebaik-baiknya.
Lingkup amanah tidak hanya pada sekedar jabatan. Sebagaimana banyak yang hanya  memaknai arti amanah pada orang yang dapat mengemban jabatannya dengan baik. Namun, amanah juga terdapat bagaimana seseorang mampu menjalankan amanahnya terhadap perintah Allah SWT, amanah terhadap harta bendanya, amanah terhadap dirinya, amanah dalam perilakunya bahkan amanah terhdap dirinya sendiri dan sebagainya.
Orang dikatakan tidak beriman apabila belum dapat menjalankan amanahnya dengan baik. Orang yang beramanah, hendaklah ia juga menunaikan amanahnya atas  perintah Allah SWT. Beribadah, menjalankan syariat-syariat islam, berbuat baik, berakhlak mulia dam sebagainya. Begitu beratnya kedudukan amanah dalam islam Rasulullah SAW sampai membandingkan antara amanah dengan keimannan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadisnya.
عن أَنس بن مالك قال ما خطب نا نبيّ الله صلَّى اللَه عليه وسلَّم إلاّ قال :لا إِيمان لمن لا أَمانة له ولادين لمن لا عهدله  (رواه أحمد)
Dari Anas bin Malik ra berkata; Nabi saw menyatakan: “Tidaklah beriman seseorang apabila ia tidak dapat memegang amanah, dan tidaklah beragama seseorang apabila tidak memegang janji” (H.R. Ahmad)
Amanah merupakan pondasi besar dalam realisasi manusia terhadap umat yang lain. Suatu negara akan hancur apabila para pemimpinnya tidak beramanah lagi, bahkan suatu hadis meriwayatkan bahwa salah satu munculnya tanda kiamat adalah hilangnya amanah dari sifat manusia. Dan banyaknya orang-orang-orang yang suka berkhianat diberi kepercayaan.

0 komentar:

Posting Komentar